PENJELASAN APA ITU HEDGE FUND MANAGER

Apa itu Hedge Fund ?
(Pertanyaan yang baik)
                                    
Hedge Fund adalah : dana investasi yang dikumpulkan dari anggota yang terbatas dari orang-orang yang terpercaya atau dari investor institusi atau lembaga dan di investasikan ke dalam berbagai macam aset, sering kali dengan menejemen portofolio yang kompleks dan teknik menejemen resiko.
Hedge fund didaftarkan oleh menejemen professional perusahaan dan sering memiliki struktur keanggotaan terbatas (limited partnership) dan Limited Liability company, atau kendaraan investasi yang sejenisnya.
Hedge fund secara umum juga berbeda dengan mutual fund sebab hedge fund menggunakan daya pelipat gandaan kekuatan keuangan (leverage) yang tidak di atur oleh pihak regulator. Hedge fund juga berbeda dari private equity funds kerena kebanyakan hedge fund secara relative melakukan investasi pada asset-aset yang memiliki tingkat likuiditas tinggi.
Nama “Hedge Fund” aslinya berasal dari posisi pasangan jual dan beli yang awalnya dana yang dikelola dalam investasi ini digunakan untuk meng-hedge (menjaga) resiko pasar.  Seiring berjalannya waktu tipe dan konsep dari konsep hedging ini meluas menjadi bermacam-macam kendaraan investasi yang berbeda. Saat ini, hedge fund digunakan dalam berbagai tingkat strategi pasar dan menggunakan berbagai macam jenis instrument keuangan dan teknis menejemen resiko.
Hedge fund hanya tersedia untuk para investor yang terpercaya dan tidak bisa di tawarkan atau di jual untuk umum. Dalam hal ini hedge fund secara umum menghindari pengaturan langsung seperti harus memiliki ijin-ijin seperti halnya pada perusahaan investasi dan memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi dari mutual fund dan jenis investasi keuangan yang lain.
Sementara itu hedge fund sudah ada sejak beberapa decade yang lalu dan terus populer , bertumbuh menjadi salah satu asset menejemen terbesar dunia pada tahun 2014 , menurut laporan dari Hedge Fund Research yang diterbitkan pada bulan Oktober 2015, industry hedge fund meningkat dari US$95 miliar menjadi US$2.87 trillion pada kuarter ke tiga .
Hedge fund juga sering buka tutup dan membolehkan para investornya menarik investasinya. umumnya secara bulanan atau tiga bulanan. Besarnya nilai hedge fund dihitung seperti saham dari total nilai asset, yang berarti naik atau turunnya nilai uang dalam investasi (dan pengeluaran) secara langsung merujuk kepada uang yang bisa ditarik oleh investor nantinya.
Hedge fund memiliki banyak strategi investasi yang bertujuan menghasilkan keuntungan dari investasi terlepas dari apakah pasar keuangan lagi naik atau turun (absolute return). Hedge fund manager juga sering menginfestasikan uangnya sendiri pada hedge fund yang mereka kelola sendiri untuk menyamakan visi dan tujuan pribadi mereka dengan tujuan para investornya. Hedge fund biasanya membayar para menejer investasinya biaya administrasi tahunan sebesar 2% dari total investasi yang dikelolanya dan performance fee sebesar 20% dari total keuntungan yang dicapai dalam satu tahun.  Diperkirakan pada bulan Juni 2013, volume dari hedge fund global sudah mencapai US$ 2.4 trillion.

Diterjemahkan dari hedge fund-wikipedia,the free encyclopedia. By steven Asa Bere. Terimakasih. Tuhan memberkati kita. Sukses selalu.